Thursday, October 20, 2011

BMC Part 3

BMC kali ini membahas ttg BMC yg akan dibuat untuk hotel yg ditujukan untuk all segmented. Kelompok kami hanya terfokus pada businessman dengan mengacu pada infrastruktur cost. Jadi yang akan ditekankan adlah key activities dan beberapa lainnya, tidak semua BMC.
1. Key Activities
- mengadakan training dan seminar untuk para staff (agar servis yg diberikan maksimal dan memuaskan, serta menjaga dan mengontrol kualitas standar servis)
- memberikan award kepada employee yang penilaiannya melibatkan customer (agar para employee berlomba" untuk memberikan yang terbaik kepada customer)
- waste management program (sisa" bahan'materoal yang ada digunakan untuk dijadikan hal lain yang lebih berguna, misal: sisa pinggiran roti dijadikan breadcrump, kain sprei lama dijadikan hiasa buat sovenir)

2. Key Partner
- arsitek dan kontraktor yang berpengalaman dlaam membangun gedung" yang tinggi ke atas 9agar bisa mendapatkan tanah yang strategis lokasinya namun tidak menggunakan banyak lahan tanah)

3. Channel
- kerjasam dengan uni" dan smk"  jurusan perhotelan (agar mendapatkan free labor -magang- namun bisa diandalakan karena mamiliki background mengenai servis yang baik)

4. Revenue
- training for outside company (menggunakan jasa/skill/pengetahuan staff yang telah kita beri training+seminar untuk memberikan pengajaran kepada company" lain (sekolah/uni perhotelan) mengenai seputar perhotelan)
- maximizing vacant space to be rented (menyewakan semua space yang bisa disewakan agar dapat revenue tambahan lain - berhubungan dengan arsitek yang pintar dalam mendesain ruang dan interior agar semua ruang yang ada dapat digunakan secara minimalis dan maksimal)

Sekian blog buat hari ini..semoga bermanfaat untuk pengembangan bisnis di kemudian hari :D byee..Gbu :)

Thursday, October 13, 2011

BMC Part 2 - The Patterns

Hari ini sebenernya waktu buat blog sgt" tidak sempat..karena harus preppare resto buat besok..(ˇεˇ") huff.. dan ini baru sampe rumah tadi pada jam 10 lebih..wew..semoga blognya berkenan..amin :)

Dalam konseop manajemen terdapat 3 sumbu X (produk inovasi), Y (infrastruktur manajemen), Z (service excellent). Sebuah perusahaan harus memiih salah satu oreintasi agar bisa memiliki daya saing. Selain itu, 3 hal tadi adalah hal yang saling bertabrakan satu dengan yang lain. X memerlukan biaya yang tinggi, Y mengutamakan efisiensi cost, Z lebih kepada penyesuaian dan adaptasi. Jadi, ada 5 business model yang bisa digunakan dengan berorientasi pada salah satunya:

1. Un-building business model (memecah" yg sudah ada).
# tantangan: karena dilakukan semuanya maka biaya terlalu mahal (butuh biaya banyak).
# solusi: memilah-milah lagi mana yang perlu dan tidak.
# cara menggunakan sistem IT dan manajemen supaya bisa dipisahkan namun tetap terkoordinasi dengan baik.
# dilihat dari 3 core business types: 1. Ekonomi: product innovation terdapat pada speed, customer relationship terdapat pada economics of scope, infrastructure terdapat pada ecnomic of scale. 2. Culture: berlomba untuk mencari orang" yang berbakat, battle of scope, dan battle of scale. 3.  Competition: terfokus pada karyawan, berorientasi pada service yang tinggi, dan cost focused.
# contoh: PT. TELKOM

2. Long Tail (hasilnya baru dirasakan setelah beberapa waktu lamanya).
# contoh: LEGO
# Lego harus membeli hasil buatannya pecinta lego (sistem robotnya / rumahnya / dll) dari seorang partner individu kemudianLogo menawarkannya ke semuanya lewat internet. Sesudah itu apabila ada yang mengingini design milik seseorang maka Lego akan membuatannya dan partner individu tersebut akan menerima royyalti.

3. Multi-Sided (banyak digunakan oleh perusahaan" pada umumnya)
# one value proposition targets, one customer segments.
# lebih mengutamakan pada platform (komunitas).
# contoh: Google (dapat uang dari beberapa sumber tapi memberikan sesuatu ke customer tanpa biaya).

4. Free
# tipe 1: Freemium (free tapi premium) seperti Avira Anti-Virus --> dapat berjalan dengan cara subsidi silang.
# tipe 2: Bait and Hook seperti ESIA (diberi yang gratis" terlebih dahulu supaya pindah ke operator mereka kemudian orang akan ketagihan untuk menggunakannya), dengan kata kunci rasional.

5. Open
# yang banyak menggunakan bisnis model ini adalah perusahaan research and development.
# ideas and result hanya untuk kalangan inside, namun bisa di jual ke perusahaan lain yang membutuhkan tpai harus bayar royalti.
# tantangan: biaya tinggi untuk research and develompment (alat harus canggih), namun produktifitas rendah.
# solusi: utilizing outside patterns.
# contoh: IDEO

Minggu ini jujur kurang konsentrasi karena kmrn Carnaval Snack Box mulai untuk preparation orderan orang sejumalh 40pax dengan masing" berisi 3 macam kue, jadi in total = 120pcs kue =] mohon dimaklumi..penulis sudah berusaha sebisanya..terima kasih.. :)

Thursday, October 6, 2011

BMC Part 1

Huff..buat blog lagi...(T.T) semangat!!!! ^^

Business Model Canvas terdiri dari 9 hal yang saling berkaitan antara 1 dengan yang lainnya, sesuai urutan:

1. Customer Segments
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam customer segments ini untuk mempermudah kita dalam menentukan segment yang akan kita pilih: dari sesuatu yang baru yang dibutuhkan orang, kualitas yang baik, sesuai dengan keinginan, design, brand/status, harga, cost reduction, risk reduction, accessibility, convenience/usability.

2. Value Proposition
- Mass market: hal sehari" yang dibutuhkan seperti odol, sabun, shampoo.
- Niche market: ditujukan pada pasar tertentu (tidak semua orang membutuhkan hal tersebut namun ada pasarnya sendiri (Bently-mobil termahal dan wine house-yang ada di jakarta.
-Segmented: hanya tertuju khusus pada salah satu segmen seperti middle-low, middle-up, proffesional, etc)
-Diversified: memilih beberapa segmen dari semua segmen yang ada.
-Multi-sided platforms: susah untuk dijelaskan tapi bisa dimengerti dengan contoh seperti google, FB, Yahoo, twitter (ubertweet), etc.

3. Channels
Adalah cara customer agar tertarik, tahu, dan value proposition kita dapat terkomunikasikan dengan baik kepada customer.
-Personal assistance: high involvement product (terjadi interaksi penjual-pembeli yand tinggi)
-Self service: low involvement product, disini pembeli masih bertemu dengan produknya langsung.
-Automated service: lebih kepada IT dan info yang kita dapatkan didasarkan pada database kita, seperti amazon.com (kalau sering beli buku dengan labels marketing, nanti kita bakal dapet up-date data buku" marketing terbaru dengan sendirinya)
-Communities: dengan membuat sebuah komunitas / ikut sebuah komunitas yang sudah ada.
-Co-creation: melibatkan pelanggan dalam pembuatan produk.

4. Customer relationship
Siklus yang terjadi agar customer melakukan pembelian berulang kali.
-Sales force: pegawai
-Web force: dari website/online catalog
-Own store: toko sendir(dipajang produknya)
-Partner store: dititipkan di toko" lain juga biasnaya dengan sistem konsinyasi (bisa di retur), kata kunci: pinjam space.
-Wholesaler: barang dibeli dengan sistem putus (hanya bisa retur kalau cacat), kata kunci: pinjam network.

5. Revenue streams
Dari 4 hal diatas kita akan bisa mendapatkan hal yang ke-5 ini.
-asset sale: seperti BB, terus jika BB kita bakar maka RIM tidak bakal marah terhadap kita karena telah kita beli asset mreka (BB itu sendiri).
-usage fee: jual fasilitas yang digunakan ditempat seperti tempat fitness celebrity
-subcription fee: biasanya dibayar bulanan (BB, kabel TV) --> ada unsur waktunya.
-lending/renting/leasing: sewa biasa
-licensing: seperti franchise tapi yang harus tetep bayar komisi terus.
-brokerage fee: sama dengan makelar
-advertising

6. Key resources
Dilakukan supaya no.1-4 jalan dengan baik --> berhubungan dengan orang" inernal.
-production: buat barang
-problem solving: industri jasa (seperti UC)
-platform/netwrok: hubungan/gathering seperti Sony PS produksi game playernya dan para gamer / game design membuat game" untuk Sony PS.

7. Key activities
Sumber daya yang bisa digunakan untuk mendukung smua hal di atas.
-physical: alat yang dibutuhkan
-intellectual: pengetahuan dalam pembuatan produk/jasa
-human: sumber daya manusianya
-financial: modal yang digunakan

8. Key partners
Pihak luar yang ikut terlibat namun diluar customer dan perusahaan tidak mempunyai otoritas.
# Tipenya:
-strategic alliance between non-competitor (seperti XO cuisine dengan BCA credit card)
-Coopetition (corporation and competition): strategic partnership between competitiors seperti UC dengan Uni Korea.
-Joint ventures to develop new business
-buyer-supplier relationship to assure reliable supplies: cocok buat wholesaler.
# Motivation:
-optimization and economy of scale (produksi masal)
-reduction of risk and uncertainty (memberikan kepada pihak lain agar mengurangi resiko tidak terpenuhinya permintaan yang sangat banyak)
-acquisition of particular resources and activities

9. Cost structures
Biaya yang dikeluarkan agar no.5-8 dapat terjadi dan berjalan.
# kinds:
-cost driven: hulu-hilir --> produksi-customer
-value driven: hilir-hulu --> customer-produksi
#characterization:
-fixed cost
-variable cost
-economies of scale (produksi masal)
-economies of scope (digolongkan seperti Toyota punya pilihan mobil untuk kelas menengah-atas (mulai avanza, kijang, inova, dll) dan kelas atas/premium (Lexus).

akhirnyam selesai =D yey! ^^ cu next class..