Monday, February 21, 2011

5 Forces & PLC (Product Life Cycle)

Dalam suatu industi terdapat 5 unsur struktur industry (5 forces) yang kelimanya sangat bersangkutan satu dengan yang lain. Kelima unsur struktur industri tersebut adalah pendatang baru (new enterance), pemasok (supplier), pembeli (buyer), produk pengganti (substitute product), dan yang pada akhirnya semua mempengaruhi pesaing industry (industry competitor). Pendatang baru mempengaruhi suatu industri dari semakin banyaknya jumlah pendatang baru yang masuk ke dunia industri tersebut. Pemasok dapat mempengaruhi sebuah industri yang ada dari susah tidaknya pemasok tersebut dicari. Pembeli mempengaruhi sebuah industri dari kepekaan akan harga yang ada di pasaran. Produk pengganti juga mempengaruhi sebuah industri dari seberapa samanya produk pengganti tersebut. Sehingga keempat hal tersebut mempengaruhi pesaing industi yang merupakan penentu persaingan di dunia industri tersebut. Kemudian yang dari 5 forces tersebut kita dapat mengetahui dimanakah posisi perusahaan kita dalam sebuah PLC (product life cycle) yang terbagi menjadi introduction (memperkenalkan suatu produk kepada pasar), growth (pertumbuhan dan perkembangan produk), maturnity (keadaan dimana sebuah produk mengalami staknansi), dan decline (dimana sebuah produk mengalami penurunan peminat/mati).

5 forces perlu kita ketahui karena dari situ kita dapat mengetahui apabila kita ingin memasuki industri tersebut apakah perusahaan kita dapat bertahan dengan mencari peluang (opportunity) ataukah mati dengan banyak ancaman (threat). Sedangkan PLC perlu kita ketahui agar kita dapat menyesuaikannya dengan keadaan pasar yang ada sekarang sehingga perusahaan kita pada industri tersebut dapat tetap berjaya.

5 forces dan PLC dari pelajaran diatas dapat kita samakan dengan diri kita sendiri dalam membangun karakter kita. Akan ada banyak sekali orang disekeliling kita yang mempengaruhi pembentukan karakter kita. Dari situ kita juga harus memilah-milahnya kembali, mana yang baik untuk kita dan mana yang kurang baik untuk kita. Sehingga akhirnya nanti kita mendapatkan karakter yang dapat diterima oleh sekeliling kita.

No comments: