Monday, February 14, 2011

Innovation, Competitive Advantages, & Sustainability

Ada 5 hal yang dinamakan dengan inovasi (innovation) dalam bisnis, yaitu menciptakan produk yang baru, cara atau metode menjual produk baru, pasar yang baru, sumber yang baru, dan struktur organisasi yang baru. Jika salah satu dari lima hal tersebut telah dipenuhi, maka hal itu sudah dapat dikatakan berinovasi. Apabila kita telah berinovasi maka penting untuk dipikirkan mengenai keunggulan bersaing (competitive advantages) dari inovasi tersebut supaya inovasi tersebut memiliki keberlanjutan (sustainability) yang tinggi di pasaran. Jelas bahwa inovasi yang kita hasilkan harus memiliki kelebihan lain yang tidak merugikan agar dapat memberikan solusi yang baru dan dapat bersaing di pasaran. Keberlanjutan dari inovasi tersebut dapat dicapai apabila telah memenuhi 4P --yaitu product (produk), pricing (harga), place (tempat), dan promotion (promosi)-- yang sesuai atau efisien dengan inovasi yang diciptakan.

Sebuah inovasi perlu dilakukan secara terus menerus karena dalam hidup ini seorang manusia pasti selalu mempunyai rasa tidak pernah puas pada suatu hal atau keadaan sehingga manusia pasti mencari sesuatu yang lebih banyak memberikan keuntungan atau baru. Selain itu inovasi juga penting agar kita beda dengan yang lain dan lebih maju dari yang lain. Keunggulan bersaing dari sebuah inovasi sangat penting karena hal tersebut yang menunjang inovasi kita di pasaran. Sedangkan keberlanjutan dari inovasi juga tidak kalah penting agar inovasi tersebut tetap dapat diterima oleh pasar meskipun telah ada pesaing yang meniru inovasi kita.

Sebagai seorang manusia, pasti kita mempunyai rasa tidak puas dalam hal apa pun. Kita selalu menginginkan yang lebih baik dalam hidup ini, sama halnya dengan inovasi yang harus dilakukan terus menerus. Sedangkan keunggulan bersaing sama halnya dengan diri kita apabila kita ingin mempunyai sesuatu yang dapat kita banggakan dari diri kita agar kita berbeda atau lebih baik dari yang lain. Sesuatu yang kita banggakan tersebut haruslah sesuatu yang positif supaya dapat kita jadikan sesuatu yang melekat pada diri kita.

No comments: