Monday, February 7, 2011

G-STIC Action Planning (G & S)

Hal penting yang dipelajari hari ini mengenai G-STIC yang berkepanjangan dari Goal, Strategy, Tactics, Implementation and Control. Tapi untuk hari ini baru 2 hal pertama, yaitu G dan S. Yang dimaksud dengan Goal disini adalah kita harus memunyai Visi dan Misi yang harus dicapai oleh perusahaan. Selain Visi dan Misi, kita juga harus mengetahui apa-apa saja kekurangan dan kelebihan dari perusahaan lain yang sejenis yang ingin kita kembangkan sehingga kita dapat menentukan Values dari perusahaan kita. Sedangkan untuk Strategy itu sendiri merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dimiliki agar kita dapat memberikan Optimal Value Proposition. Untuk mencapai itu diperlukan untuk menentukan Target Market dan Value Proposition yang terdiri dari Customer Value, Company Value and Collaborator Value.

Mempunyai Goal merupakan sesuatu yang penting yang harus dimiliki oleh perusahaan. Dapat dikatakan hal tersebut merupakan pondasi yang paling utama. Karena dengan adanya Goal yang telah ditentukan, maka dalam perusahaan tersebut memiliki satu patokan yang sama sehingga apapun yang dilakukan tetap berdasarkan Goal yang telah ditentukan, tidak melenceng ke kanan dan ke kiri. Strategy dibutuhkan untuk mengetahui pangsa pasar dan menentukan target pasar yang tepat sehingga Values yang diberikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan, diinginkan, dan mensejahterakan masyarakat.


Sama halnya dalam hidup ini, sebagai manusia yang hidup Goal merupakan hal yang penting kareng dengan adanya Goal dapat membantu kita untuk selalu hidup sesuai dengan prinsip yang kita pegang dan menjadikan hidup kita lebih bersemangat untuk mencapai apa yang telah kita tetapkan (Goal). Untuk mencapai Goal tersebut pastinya juga dibutuhkan Strategy yang jitu dan tepat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki dan kondisi yang ada agar Goal tersebut dapat dicapai dalam waktu yang sesingkat mungkin. Memang Goal dapat dicapai tanpa menggunakan Strategy, tetapi percayalah hal itu hanya akan membuang waktu Anda!

No comments: