Thursday, October 6, 2011

BMC Part 1

Huff..buat blog lagi...(T.T) semangat!!!! ^^

Business Model Canvas terdiri dari 9 hal yang saling berkaitan antara 1 dengan yang lainnya, sesuai urutan:

1. Customer Segments
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam customer segments ini untuk mempermudah kita dalam menentukan segment yang akan kita pilih: dari sesuatu yang baru yang dibutuhkan orang, kualitas yang baik, sesuai dengan keinginan, design, brand/status, harga, cost reduction, risk reduction, accessibility, convenience/usability.

2. Value Proposition
- Mass market: hal sehari" yang dibutuhkan seperti odol, sabun, shampoo.
- Niche market: ditujukan pada pasar tertentu (tidak semua orang membutuhkan hal tersebut namun ada pasarnya sendiri (Bently-mobil termahal dan wine house-yang ada di jakarta.
-Segmented: hanya tertuju khusus pada salah satu segmen seperti middle-low, middle-up, proffesional, etc)
-Diversified: memilih beberapa segmen dari semua segmen yang ada.
-Multi-sided platforms: susah untuk dijelaskan tapi bisa dimengerti dengan contoh seperti google, FB, Yahoo, twitter (ubertweet), etc.

3. Channels
Adalah cara customer agar tertarik, tahu, dan value proposition kita dapat terkomunikasikan dengan baik kepada customer.
-Personal assistance: high involvement product (terjadi interaksi penjual-pembeli yand tinggi)
-Self service: low involvement product, disini pembeli masih bertemu dengan produknya langsung.
-Automated service: lebih kepada IT dan info yang kita dapatkan didasarkan pada database kita, seperti amazon.com (kalau sering beli buku dengan labels marketing, nanti kita bakal dapet up-date data buku" marketing terbaru dengan sendirinya)
-Communities: dengan membuat sebuah komunitas / ikut sebuah komunitas yang sudah ada.
-Co-creation: melibatkan pelanggan dalam pembuatan produk.

4. Customer relationship
Siklus yang terjadi agar customer melakukan pembelian berulang kali.
-Sales force: pegawai
-Web force: dari website/online catalog
-Own store: toko sendir(dipajang produknya)
-Partner store: dititipkan di toko" lain juga biasnaya dengan sistem konsinyasi (bisa di retur), kata kunci: pinjam space.
-Wholesaler: barang dibeli dengan sistem putus (hanya bisa retur kalau cacat), kata kunci: pinjam network.

5. Revenue streams
Dari 4 hal diatas kita akan bisa mendapatkan hal yang ke-5 ini.
-asset sale: seperti BB, terus jika BB kita bakar maka RIM tidak bakal marah terhadap kita karena telah kita beli asset mreka (BB itu sendiri).
-usage fee: jual fasilitas yang digunakan ditempat seperti tempat fitness celebrity
-subcription fee: biasanya dibayar bulanan (BB, kabel TV) --> ada unsur waktunya.
-lending/renting/leasing: sewa biasa
-licensing: seperti franchise tapi yang harus tetep bayar komisi terus.
-brokerage fee: sama dengan makelar
-advertising

6. Key resources
Dilakukan supaya no.1-4 jalan dengan baik --> berhubungan dengan orang" inernal.
-production: buat barang
-problem solving: industri jasa (seperti UC)
-platform/netwrok: hubungan/gathering seperti Sony PS produksi game playernya dan para gamer / game design membuat game" untuk Sony PS.

7. Key activities
Sumber daya yang bisa digunakan untuk mendukung smua hal di atas.
-physical: alat yang dibutuhkan
-intellectual: pengetahuan dalam pembuatan produk/jasa
-human: sumber daya manusianya
-financial: modal yang digunakan

8. Key partners
Pihak luar yang ikut terlibat namun diluar customer dan perusahaan tidak mempunyai otoritas.
# Tipenya:
-strategic alliance between non-competitor (seperti XO cuisine dengan BCA credit card)
-Coopetition (corporation and competition): strategic partnership between competitiors seperti UC dengan Uni Korea.
-Joint ventures to develop new business
-buyer-supplier relationship to assure reliable supplies: cocok buat wholesaler.
# Motivation:
-optimization and economy of scale (produksi masal)
-reduction of risk and uncertainty (memberikan kepada pihak lain agar mengurangi resiko tidak terpenuhinya permintaan yang sangat banyak)
-acquisition of particular resources and activities

9. Cost structures
Biaya yang dikeluarkan agar no.5-8 dapat terjadi dan berjalan.
# kinds:
-cost driven: hulu-hilir --> produksi-customer
-value driven: hilir-hulu --> customer-produksi
#characterization:
-fixed cost
-variable cost
-economies of scale (produksi masal)
-economies of scope (digolongkan seperti Toyota punya pilihan mobil untuk kelas menengah-atas (mulai avanza, kijang, inova, dll) dan kelas atas/premium (Lexus).

akhirnyam selesai =D yey! ^^ cu next class..
  

No comments: