Thursday, November 17, 2011

Company Visit @ Sheraton: Service Excellence

Blog buat hari ini lebih spesial di bandung biasanya =D hari ini kelas diadakan di Sheraton Hotel Surabaya mulai jam 1.00 PM - 4.00 PM, 1 jam untuk keliling hotel dan menikmati coffee break, 2 jam untuk mendengarkan presentasi by Sheraton Hotel. Cukup banyak hal yang di dapat dari company visit, karena tidak bisa sembarang orang pergi melihat" keliling hotel kalau mereka tidak menginap di sana terutama untuk yang bisa mengunjungi executive tower lounge dan presidential suite.

Mengenai Sheraton sendiri adalah berada di bawah starwood hotels and resorts. Starwood sendiri terdiri dari 9 brand, 6 yang ada di Indonesia: The Luxury Collection, Westin, Le Meridien, W hotels, Sheraton, dan St. Regis. 3 brand lainnya adalah aloft, four points, and element. Total kamar yang dimiliki oleh Sheraton Surabaya adalah 348 kamar dengan 8 tipe kamar. Kamar yang paling mahal adalah presidential suite yang terdiri dari 5 kamar, terdapat buttler 24hours, dengan harga 17juta/night. Di Sheraton ada beberapa hal yang patut di sontoh oleh hotel" lain, yaitu mereka sangat menghargai kinerja para staff nya dalam melayani tamu mereka dan mereka juga saling menghargai dan menghormati antar staff. Biasanya setiap bulan di Sheraton Surabaya akan diadakan sebuah acara dimana para pemegang posisi atas GM, directures, and manager akan melayani para staff" bawahan dalam acara catering gathering. Kemudian apabila ada staff yang telah melakukan sesuatu yang membuat tamu merasa sangat puas dan berkesan (seperti: menyelamatkan anak tamu yang akan tenggelam) maka semua pemegang jabatan atas akan langsung mendatangi dan merayakan keberhasilan tersebut dengan staff tersebut dan department-nya (on the spot gift).

Operational Excellence (OpEx) is aggressively managing overall quality assurance, including the use of six sigma capabilities and tools, in order to achieve world class performance and brilliant execution. OpEx framework untuk service profit chain adalah dimulai dari excellence associate --> operational excellence --> highly satisfied customer --> long-term profitability. Sedangakn untuk mencapai GSI (guest satisfaction index) maka harus dimulai dari six sigma yang mengacu pada: brand assurance, safety and security, food safety and hygiene, and environmental sustainable program. Sebenarnya Six Sigma sendiri telah kita lakukan dalam kehidupan kampus kita, namun mungkin kita tidak menyadarinya. Ada 5 fase dari six sigma: define, measure, analyze, improve, and control (disingkat menjadi; "DMAIC"). 5 fase tersebut biasanya kita lakukan pada saat membuat karya ilmiah di kampus / sekolah.

Sheraton memiliki tagline yang sangat bagus dan membangun semangat para staff nya, yaitu life is better when shared. Dengan core values: warm, connected, and community. Dan yang diterapkan di Sheraton adalah dengan design direction yang luxury (seperti menggunakan sweet sleeper: kenyamanan yang hanya dapat ditemukan di Sheraton's mattress), key brand differentiators (opportunity to share), dan market / location (global gateaway dengan lokasi yang strategis dan sesuai. Sheraton (mungkin bisa dibilang Starwood Group juga) mengakui bahwa saingan utama mereka saat ini adalah Marriott Group, terutama unutk Sheraton Surabaya yang letaknya besebelahan dengan J.W. Marriott. Dalam OpEx ada brand standard classificastion dengan 6 kategori: welfare and security, product and services, brand identity, service culture and delivery, conditions, and cleanliness.

Terakhir sebagai penutup, Sheraton mempunyai SPIRIT of Operational Excellence: I KNOW, I DO, I CHECK, I GUARANTEE because I am Sheraton I make the DIFFERENCE.
Kemudian setelah presentasi selesai diadakan beberapa quiz dan yang bisa menjawab diberi kenang"an oleh Sheraton berupa kaos Sheraton atai boneka Sheraton, sayang aku ga dapat padahal sudah angkat tangan, tapi kalah cepat dengan meja belakang X_X Setalah itu kita semua berfoto bersama di Lobby hotel Sheraton dan berpisah..sekian blog hari ini dan merupakan blog terakhir di semester 5 ini =D cu next blog! ^^

No comments: